Penggunaan Google Classroom Dalam Pembelajaran

Di akhir semester 2 ini, saya mempraktikkan penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Karena sekolah kami sudah bekerjasama dengan Google Education, maka kami tinggal mengaplikasikan pemanfaatannya. Penggunaannya ternyata cukup mudah, dapat dilakukan secara online dan kapanpun.

Pertama, kami membuat akun untuk semua guru. Setelah itu kami membuatkan akun email untuk semua siswa dengan username dari nama depan dan nama belakang siswa. Prosesnya cukup mudah karena dapat dibuat secara bersama-sama dalam sekali waktu.

Kedua, setiap guru membuat kelas sejumlah kelas yang diajarkan. Kemudian saya membuat tugas dan kolaborasi kuis dengan google form, dengan cara yang mudah karena kita cukup membuat selali saja, setelah itu kita cukup reuse post untuk kelas yang lain.

Dengan Google Classroom kita juga dapat menaruh file pembelajaran kita  Google Drive, sehingga sewaktu-waktu para siswa dapat belajar dan dan mengunduhnya. Pengumpulan tugas pun dapat dilakukan dengan mudah, file gambar, video dan alamat link dapat diunggah oleh para siswa melalui akun mereka.

Proses Grading/pemberian nilai dapat dilakukan oleh para guru melalui akun para guru secara personal pada para siswa. Untuk menggunakan aplikasi ini para siswa dapat mengunduh aplikasi di Playstore atau di Appstore atau menggunakan browser secara langsung.

Sungguh tools ini mempermudah guru dan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran ini sangat cocok dengan pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran di abad 21.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 4 = 4